Audit NKV Borneofood Indotama

Sudah menjadi agenda tahunan, Dinas Pangan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan (DPPKH) Provinsi melakukan kunjungan dalam rangka audit ke perusahaan-perusahaan pemegang izin NKV (Nomor Kontrol Veterineer) yang ada di Kalimantan Barat.

Balai Karangan, Sanggau – Pada hari Rabu lalu (09/07/2020),  DPPKH Provinsi Kalimantan Barat melakukan kunjungan ke CV Borneofood Indotama, salah satu perusahaan distributor daging beku resmi yang terletak di Balai Karangan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Dalam kunjungan kali ini, pihak DPPKH Provinsi diwakili oleh Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), Ibu Ely Marini K., S.Pt dan Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan, Bapak drh. Nur Hidayatullah.

Turut serta juga perwakilan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, Kasi Kesmavet, Bapak Mulyono,S.PKP dan Kasi Perbibitan dan Produksi Peternakan, Ibu Finy Widiyanti, S.Pt. hadir mendampingi dalam kegiatan kunjungan ini.

Rombongan dari kedua instansi daerah dan provinsi ini diterima dengan baik oleh pemilik CV Borneofood Indotama, Bapak Taufik. Alhamdulillah selama ini perusahaan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik demi menjaga kualitas layanan distribusi daging dan produk-produk beku lainnya ke masyarakat.

Nomor Kontrol Veterineer (NKV)

Bagi perusahaan yang bergerak dibidang distribusi daging beku harus memiliki salah satu izin yaitu Sertifikat NKV. Sertifikat NKV adalah sertifikat sebagai bukti tertulis yang sah telah dipenuhinya persyaratan higiene-sanitasi sebagai kelayakan dasar jaminan keamanan pangan asal hewan pada unit usaha pangan asal hewan.

Selain bergerak dibidang distribusi daging beku resmi, Borneofood Indotama juga merupakan produsen hasil olahan daging dalam bentuk Bakso Daging Sapi “BorneoFood”. Jadi dalam kunjungan ini, DPPKH melakukan audit terhadap fasilitas yang dimiliki dalam proses penyimpanan sekaligus melihat proses pembuatan produk olahan dari hasil peternakan dalam bentuk bakso.

Untuk saat ini, CV Borneofood Indotama menjadi perusahaan pertama di Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Sanggau yang memiliki industri pengolahan makanan dari hasil peternakan dalam bentuk Bakso Daging Sapi.

Persiapan Go Internasional

Alhamdulillah produk “Bakso BorneoFood” yang dihasilkan sudah memenuhi beberapa jenis standarisasi yang harus dimiliki produk layak edar, antara lain: Halal MUI, NKV, dan MD BPOM RI. Meskipun perusahaannya berada di wilayah Kabupaten Sanggau, namun produk “Bakso BorneoFood” yang diproduksi memiliki kualitas Premium.

Dan sejak diluncurkan secara resmi produknya pada awal bulan Maret tahun ini, produk “Bakso BorneoFood” secara perlahan mulai mendapat respon positif untuk skala lokal, nasional, maupun internasional.

Insya Allah di tahun ini, produk istimewa dari kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia sedang dalam persiapan untuk menembus pasar ekspor ke negara tetangga. Do’a kan lancar ya prosesnya. Persembahan Terbaik Dari Batas Negeri untuk Ibu Pertiwi. Amin… (DW)

Sumber: Humas Pemkab Sanggau

 

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *